salah satu bentuk modals yang sering digunakan

Diposting oleh aminSaryanto on Rabu, 08 Mei 2013


Can merupakan salah satu bentuk modals yang sering digunakan. Fungsi utama Can yang sering kita ketahui adalah mengenai sebuah kemampuan. Misalnya, saya bisa membaca, dia bisa menulis, kami dapat mengendarai sepeda, kami dapat berjalan sangat jauh, dan masih banyak ungkapan-ungkapan lain mengenai kemampuan.

Tetapi, pada keadaan di dalam percakapan dan penulisan bahasa Inggris, Can mempunyai berbagai macam fungsi. Ingin tahu berbagai maca fungsi Can? Mari kita simak artikel berikut ini.

Mengungkapkan kemungkinan

Kita menggunakan Can untuk menyatakan sebuah kemungkinan atau ketidakmungkinan seseorang dalam melakukan sesuatu. Sebagai contoh, kalimat-kalimat berikut akan menjelaskannya kepada Anda.

 -Can you bring that heavy bag?
 -I can’t go to the cinema tonight.
 -You can leave me and pick your child up now.
 -You can eat in here if you want.

Kita lihat kalimat pertama dimana seseorang mengatakan bahwa “Bisakah kamu membawa tas yang berat itu?”. Seseorang yang berbicara tersebut mengatakan sebuah kemungkinan terhadap kemampuan orang lain dalam membawa tas yang berat tersebut.

Mengungkapkan kemampuan

 -I can speak English well.
 -I cannot drive.
 -I can’t find him.

“Saya bisa berbahasa Inggris dengan baik” itulah arti kalimat pertama yang diucapkan oleh pembicara. Dia mengungkapkan bahwa Ia memiliki kemampuan untuk berbicara bahasa Inggris dengan baik.

Memberikan atau meminta izin

 -Can I smoke here?
 -Can I ask to you?
 -You can leave this room now.
 -You cannot come in.

Di kalimat pertama, seseorang mengatakan bahwa “Bolehkah saya merokok disini?”. Secara langsung, orang tersebut meminta izin untuk merokok di tempat dimana mereka berada saat itu. Kemudian, di kalimat yang ketiga berbunyi “Kamu dapat meninggalkan ruangan ini sekarang”. Di kalimat ketiga tersebut seseorang memberi izin kepada orang lain yang ingin meninggalkan ruangan tersebut saat itu juga.

Menawarkan sesuatu, meminta, dan memberikan instruksi/anjuran

 -What can I do you?
 -Can you do that for me?
 -When you finish your homework, you can go outside and meet your friends.

Kalimat pertama berartit bahwa ada seseorang menawarkan bantuan dengan berkata “apa yang bisa saya lakukan untuk Anda?”. Di kalimat kedua bahwa ada seseorang yang meminta bantuan, dan dikalimat ketiga ada seseorang yang memberikan sebuah instruksi/anjuran.

Berhubungan dengan indra dan situasi saat ini

 -Can you smell something burning?
 -I can’t hear that noise.
 -I can taste this food. It’s good.
 -I can see those people walk to us.

“Apakah kamu mencium sesuatu yang terbakar?” Kira kira itulah arti dari kalimat pertama. Empat kalimat di atas menunjukan bahwa ada seseuatu yang terjadi saat ini dan mereka sedang menggunakan Can di dalam kalimattersebut. Jadi, Can dapat digunakan pada masa sekarang (present)dan ketika terjadi sebuah peristiwa.

Catatan : Dalam kalimat negatif kita bisa menggunakan cannot atau can’t. kemudian, di dalam kalimat pertanyaan (introgatif), can letaknya di depan dan diikuti subjek.

Demikian tadi beberapa pembahasan tentang penggunaan Can di dalam bahasa Inggris verbal dan tulisan. Selamat mencoba…………


Good Luck.!

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar